Pemkot Surabaya Galakkan SWAB Massal Gratis, Waspadai Arus Balik Lebaran - Kabar Surabaya

Terbaru

Tuesday, May 18, 2021

Pemkot Surabaya Galakkan SWAB Massal Gratis, Waspadai Arus Balik Lebaran

Pemkot Surabaya Galakkan SWAB Massal Gratis, Waspadai Arus Balik Lebaran


Kabar Surabaya - Liburan Lebaran sudah usai pada tanggal 17 Mei 2021 kemarin. Namun mulai tanggal 17 Mei 2021 hingga 24 Mei 2021 diperkirakan banyak warga Kota Surabaya yang mulai kembali dari liburannya di kampung halaman masing-masing. Arus balik ini memang diprediksi akan terjadi selama seminggu kedepan. Maka dari itu, Pos Penyekatan Mudik Lebaran yang selama ini didirikan masih belum akan dibongkar.


Selain itu, nantinya pihak Kelurahan akan melakukan pendataan melalui Ketua RT dan Ketua RW masing-masing. Pendataan ini akan menyasar kepada warga Kota Surabaya maupun warga luar Kota Surabaya yang baru saja melakukan Mudik Lebaran dan saat ini telah kembali atau akan kembali pada minggu ini. Hal ini rupanya berkaitan erat dengan masih adanya infeksi COVID-19 di Tanah Air ini.

 

Dalam hal ini Pemerintah Kota Surabaya benar-benar tidak ingin kecolongan sedikitpun mengenai penularan COVID-19 di kotanya. Oleh karena itu pendataan warga yang pulang mudik lebaran ini nantinya akan menjadi rujukan guna melakukan SWAB Tes Massal yang akan dilakukan di Puskermas terdekat.   


Maka dari itu, pada hari Selasa (18/05/2021) kemarin Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi melakukan koordinasi dengan Camat dan Lurah se-Kota Surabaya. Dalam arahannya, beliau meminta Camat dan Lurah untuk benar-benar berinovasi dan menjaga daerahnya dengan baik. Wali Kota Eri tidak ingin Kota Surabaya yang penanganan COVID-19-nya sudah baik kembali melonjak lagi setelah libur Idul Fitri.


Walikota Eri juga mengingatkan agar Camat dan Lurah bekerjasama dengan Satgas COVID 19 di wilayahnya untuk melakukan pemantauan terhadap warganya yang baru datang dari luar kota. Warga yang baru datang ini harus membawa surat bebas COVID berdasarkan pemeriksaan Rapid Test Antigen. 


Bagi yang belum memiliki, mereka diimbau untuk melakukan SWAB Tes di Puskesmas terdekat secara Gratis. Selain itu mereka juga diharuskan dengan melakukan Isolasi mandiri selama 5 hari di rumah masing-masing. 

 

SWAB Antigen Gratis ini juga disediakan oleh pihak Kepolisian Di Pos Penyekatan Cito. Bagi mereka yang akan kembali ke Kota Surabaya namun belum memiliki dokumen bebas SWAB, bisa melakukan SWAB Test di lokasi tersebut. (yyan) 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad